Cara Membuat Email Di HP Paling Cepat Dan Mudah Untuk Pemula

Email atau merupakan kenjangan Electronic Mail yang merupakan surat berbentuk digital/elektronik adalah satu alat komunikasi yang telah menjadi umum di beberapa tahun terakhir. Apalagi dengan semakin majunya tehnologi yang menghasilkan produk – produk seperti whatsApp, Facebook dan lain sebagainya menjadikan Email semakin dibutuhkan.

Saat ini untuk membuka akun baru, untuk berkomunikasi dengan teman di luar negeri, dan banyak lainnya orang pada umumnya lebih memilih Email. Namun tidak sedikit yang belum paham betul bagaimana cara membuat email yang benar. Email bisa digunakan di HP, laptop atau gadget lainnya.

Email yang paling sering digunakan adalah layanan Email dari Yahoo dan Gmail. Keduanya populer diantara seluruh maysyarakat di dunia. Namun untuk saat ini Gmail terlihat lebih populer dibanding yahoo karena berbagai alasan. Dalam Artikel ini kita akan membahas tentang langkah atau Cara membuat email di HP.

Sebagian besar orang masih belum paham betul bagaimana cara membuat email di HP. Padahal bagi pemilik HP Smartphone sudah pasti harus memiliki akun Gmail yang akan menjadi akun bagi smartphone mereka. Sebelum kita membahas cara membuat email di HP, pertama mari kita diskusikan mengapa Gmail mejadi Unggul, apa saja kelebihannya?

KELEBIHAN AKUN GMAIL

  1. Penyaringan Spam

Seperti yang kita tahu, saat ini begitu banyak email – email promosi yang tidak begitu penting masuk ke email kita. Hal itu benar – benar sangat mengganggu. Terkadang email – email tersebut juga memiliki link yang jika kita ikuti bisa merugikan diri kita sendiri. bahkan upaya masuknya virus juga begitu kuat di email. Untuk itu Gmail memiliki penyaringan spam yang cukup kuat jika dibandingan dengan yang lainnya. Gmail lebih bisa membaca Email dengan konten – konten yang terindikasi spam, virus dan phising iklan. Jadi anda tidak perlu terlalu khawatir jika mungkin HP anda tertular virus melalui Email.

  1. Merger dengan Google Hangouts

Apakah anda sudah pernah mendengar tentang Hangouts? Hangous adalah salah satu aplikasi dari google yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan videa (Video Call) dengan banyak orang dalam satu waktu. Di gmail, kita akan bisa melihat siapa saja contact gmail kita yang memiliki atau menggunakan Google Hangouts. Dengan begitu kita bisa menghubunginya melalui Google Hangouts.

  1. Akses Offline

Gmail juga menyediakan layanan akses offline. Dengan akses offline ini kita membuka gmail kita pada computer tanpa adanya koneksi internet. Caranya adalah dengan ekstensi gmail offline chrome pada web browser di computer kita.

  1. Login beberapa akun

Anda memiliki beberapa akun dari gmail? Atau di rumah anda hanya ada satu laptop yang digunakan bergantian dengan saudara dan keluarga anda yang lain? Anda tidak perlu khawatir, karena google bisa melakukan login email beberapa akun sekaligus tanpa harus membuka windows atau browser baru. Kalian hanya tinggal menswitch pada nama akun yang akan muncul di Gmail tersebut.

  1. Kapasitas

    penyimpanan yang cukup besar

Selanjutnya adalah bahwa gmail memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Gmail memberikan penyimpanan sebesar 15GB secara gratis. Namun jika anda masih kekurangan tempat menyimpan, anda juga bisa mengupgrade kapasitas penyimpanan gmail anda menjadi 100GB dengan membayar biaya layanan perbulan sebesar $1,99.

  1. Dapat melihat lampiran secara langsung

Anda tentu sering mengirim ataupun menerima email yang berisi lampiran. Melalui Gmail anda bisa langsung membuka dan melakukan preview pada lampiran tersebut. Bukan hanya dapat melihat, namun kita juga bisa langsung menyimpannya ke google drive milik kita.

  1. Berbagi dengan drive

Masalah terbesar dalam mengirim file melalui email adalah kurangnya kapasitas. Kita sering tidka bisa mengirimkan beberapa dokumen yang berukuran sangat besar. Namun melalui Gmail kita bisa berbagai atau mengirim file hingga 10GB melalui google drive.

  1. Tidak perlu refresh

Ketika inbox gmail anda terbuka dan ada pesan baru masuk, pesan tersebut akan otomatis terlihat tanpa menunggu anda untuk merefresh halaman tersebut. Namun tentu saja juga tergantung dengan koneksi internet yang anda miliki.

Baca Juga: Cara Ganti Password Wifi Agar Tidak Mudah Kena Hack, 100 Works!!

  1. Dapat memiliki lebih dari satu akun email

Gmail mengizinkan penggunanya memiliki lebig dari satu akun. Bahkan seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa anda bisa membuka lebih dari satu email sekaligus dalam satu windows. Artinya anda bahkan bisa melihat semua pesan dalam semua email anda sekaligus.

CARA MEMBUAT EMAIL PADA GMAIL

Image result for cara membuat GMAIL

Setelah membahas tentang kelebihan Gmail, selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat email di  HP untuk Gmail. Karena Gmail memang paling sering digunakan untuk akun smartphone kita. Berikut adalah langkah – langkahnya:

  1. Masukkan alamat website gmail yaitu gmail.com. Biasanya di HP/smartphone sudah terdapat aplikasi gmail tersendiri . klik aplikasi tersebut.
  2. Setelah terbuka, pilih dan klik buat akun baru.
  3. Akan muncul jendela yang berisi bagian – bagian rumpang. Isikan sesuai yang diminta. Seperti nama, tanggal lahir, jenis kelamin dan lan sebagainya.
  4. Setelah terisi semua, silankah pilih “Langkah Berikutnya”
  5. Setelah itu akan muncul kode untuk verifikasi akun gmail yang baru saja anda buat. Umumnya kode verifikasi tersebut akan dikirimkan melalui nomor yang telah anda isikan sebelumnya. Untuk mendapatkan kode ini, anda bisa memilih pengiriman kode melalui pesan teks atau panggilan.
  6. Setelah menerima kode tersebut, masukkan kode yang telah dikirim dari pihak gmail.
  7. Congratulation! akun gmail anda telah berhasil dibuat dan siap digunakan.

Baca Juga: 4 Cara Transfer Pulsa Telkomsel Paling Mudah

CARA MEMBUAT EMAIL YAHOO

Image result for cara membuat yahoo

Yahoo pernah sangat Berjaya dimasanya. Semua orang bahkan menggunakan fitur chat pada yahoo yang biasa disebut YM atau Yahoo Mail. Tapi apakah anda masih ingat cara membuat email di HP untuk Yahoo? Berikut adalah langkah – langka dalam membuat email Yahoo di HP:

  1. Buka website yahoo yaitu yahoo.com. Pada halaman awal, akan langsung muncul “SIGN IN” jangan klik tombol tersebut melainkan kilik “Daftar” dibagian paling bawah.
  2. Setelah anda memilih daftar maka akan muncul formulir yang harus di isi seperti pada pembuatan gmail tadi.
  3. Setelah tersisi seluruhnya, anda bisa mengklik “lanjutkan”
  4. Akan muncul dialog verifikasi berupa chapta.
  5. Setelah anda berhasil mengisikan kode pada chapta tersebut, maka akun anda sudah selesai dibuat dan siap digunakan.

Demikian adalah dua cara membuat email di HP.

Reply