Cara Membuat Channel YouTube

Alfa - Like Follow

YouTube saat ini sudah menjadi salah satu platform media sosial yang sangat diminati. Bukan hanya dimanfaatkan oleh perorangan, bahkan lembaga pemerintahan juga memanfaatkannya sebagai media publikasi. Salah satu faktornya adalah mudah dalam membuat akun atau yang biasa disebut channel. Jika Anda belum mengetahuinya, berikut ini cara membuat channel YouTube.

Cara Membuat Channel YouTube

cara membuat channel YouTube., Cara Membuat Channel YouTube

YouTube merupakan salah satu platform yang menjadi bagian dari dengan Google. Oleh sebab itu, Anda harus memiliki akun Google, setidaknya surat elektronik atau email dari Google. Jika Anda belum memiliki akun email dari Google, berikut langkah-langkahnya.

  1. Kunjungi situs email Google yakni http//:mail.google.com
  2. Kemudian pada pojok kanan atas klik buat akun atau create account.
  3. Kemudian Anda akan dihadapkan pada kolom dan isi sesuai dengan perintah yang ada, kemudian klik berikutnya.
  4. Pada kolom berikutnya akan diminta mengisikan nomor telepon untuk verifikasi data.
  5. Ikuti langkah-langkah berikutnya hingga sampai pada kolom persetujuan, kemudian klik setuju.
  6. Akun email pada Google Anda sudah terbuat dan siap untuk proses cara membuat channel YouTube berikutnya.

Setelah Anda berhasil membuat akun email pada Google, langkah berikutnya adalah mengunjungi laman YouTube. Jika Anda sudah memiliki akun email ini, akan lebih mudah dan cepat dalam membuat Channel YouTube. Adapun langkah-langkah dalam membuatnya sebagai berikut:

  1. Kunjungi website YouTube dengan alamat youtube.com
  2. Kemudian lihat sisi kanan atas terdapat kolom bertuliskan Sign In, klik kolom tersebut
  3. Jika Anda sebelumnya sudah masuk ke akun email Google Anda dan akan secara otomatis masuk. Namun jika belum silakan login terlebih dahulu.
  4. Setelah login, klik Foto Profil Anda dan temukan kolom create channel, kemudian akan muncul kolom persetujuan dengan klik ‘Get Started’
  5. Setelah itu akan muncul dua pilihan, apakah Anda akan menggunakan data yang sudah ada pada email, atau membuat nama baru, kemudian klik ‘Select’.
  6. Jika Anda memilih untuk membuat nama baru, Anda diminta untuk mengisi nama centang kolom persetujuan kemudian klik ‘Create’.
  7. Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi kolom deskripsi mengenai channel tersebut, selain itu Anda juga bisa menambahkan link media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Jika sudah klik ‘Save and Continue’
  8. Secara langsung Anda akan masuk ke halaman dasbor channel Anda, itu berarti channel YouTube Anda sudah terbuat dan siap diisi dengan beragam video yang Anda buat.

Cara Upload Video di Channel YouTube

Setelah Anda selesai membuat sebuah akun YouTube, langkah selanjutnya adalah mengisi dengan konten video yang menarik. Untuk meng-upload atau mengunggah video di channel YouTube juga tidak terlalu sulit, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Jika Anda baru pertama kali upload, cukup klik unggah video di tengah-tengah halaman utama channel YouTube Anda. Bisa juga klik simbol kamera yang ada di pojok kanan atas di samping foto ikon kotak-kotak.
  2. Jika sudah, Anda akan disajikan kolom upload video, kemudian klik ‘Pilih File’ untuk mencari video yang akan Anda upload.
  3. Setelah itu isikan judul, deskripsi, tag, dan kolom lain sesuai dengan perintah yang ada dan kemudian klik ‘Upload Video’, dengan demikian video Anda sudah diunggah.

Cara membuat channel YouTube di atas dapat Anda lakukan menggunakan perangkat komputer atau laptop. Pada dasarnya Anda harus memiliki akun email Google agar dapat membuatnya dengan lebih  mudah dan cepat. Sebab akun email tersebut nantinya akan berguna ketika Anda akan membuat akun-akun dari produk Google lainnya. Selamat mencoba.

4.8 average based on 695 votes (Closed)

Leave a Reply