Membuat Blog di Blogger.com Hanya Butuh 9 Langkah Saja

Alfa - Like Follow

Perkembangan teknologi berbasis internet semakin hari semakin maju. Salah satu contohnya adalah blog. Secara sederhana blog ini merupakan versi lebih privasi dari website. Biasanya isi sebuah blog lebih ringan dan sesuai keinginan Anda sebagai pengguna. Selain itu, blog ini juga gratis dan beragam, salah satunya Blogger. Berikut ini cara membuat blog di Blogger dengan mudah.

Apa itu Blogger?

cara membuat blog di Blogger, Membuat Blog di Blogger.com Hanya Butuh 9 Langkah Saja

Blog atau web blog merupakan salah satu jenis dari website. Blog berisi berbagai macam informasi sesuai dengan tema yang dipilih oleh penggunanya. Isi dari blog itu sendiri dapat menampilkan mulai dari berbagai konten terbaru hingga paling lawas. Informasi yang tersaji juga biasanya diperbarui oleh seorang atau beberapa orang yang bertugas sebagai admin.

Semakin berkembangnya mengenai blog, membuat  menyamarkan pengertian antara website dan blog. Jika dilihat dari isi, keduanya tidak terlalu berbeda. Namun, belakangan blog ini seperti catatan pribadi dari sang penulis. Sebagai pengelola dari blog tersebut, pengguna bisa mengisi blog sesuka hatinya.

Jika Anda ingin membuat blog tidak perlu bingung, sebab hingga kini sudah banyak platform penyedia blog secara gratis. Terdapat dua nama platform besar yang menyediakan blog secara gratis yakni Blogger dan WordPress. Untuk blogger sendiri sudah diakuisisi oleh Google sejak tahun 2003 dari Pyra Labs. Sedangkan WordPress dikenalkan ke public pada tahun 2005.

Sebuah blog juga memiliki manfaat untuk memberikan informasi bagi pengguna, tentunya sesuai dengan tema yang diangkat. Dari sisi pengguna, blog juga dapat menghadirkan pundi-pundi uang. Jika Anda konsisten, maka akan ada uang yang dibayarkan oleh pihak platform kepada Anda.

Cara Membuat Blog di Blogger

Cara membuat blog tidaklah sulit, namun membutuhkan sedikit waktu dalam proses. Dalam proses membuat blog ini juga dapat Anda lakukan melalui perangkat smartphone atau menggunakan laptop. Prosenya pun bisa dilakukan di mana saja, tergantung pada kondisi Anda.

Hanya saja, pastikan terdapat koneksi internet pada proses pembuatannya. Adapun langkah-langkah dalam pembuatan blog di situs blogger berikut ini:

  1. Buka aplikasi pencarian atau browser melalui perangkat yang Anda miliki pada alamat Blogger.com.
  2. Ketika sudah terbuka Anda akan disuguhkan tampilan dan informasi mengenai Blogger, kemudian klik pada sebuah kotak yang bertuliskan ‘Buat Blog’,
  3. Jika pada perangkat Anda sudah terhubung dengan akun Google, prosesnya akan lebih cepat, tinggal tunggu proses sinkronisasi,
  4. Jika belum ada akun Google di perangkat Anda, maka harus masuk dahulu agar dapat beranjak ke proses berikutnya,
  5. Setelah proses login selesai, Anda akan disajikan tampilan ‘Selamat datang di Blogger’, pada tahap ini Anda diminta untuk mengisi nama tampilan Blogger, isi sesuai keinginan Anda, kemudian klik ‘Lanjutkan ke Blogger’
  6. Jika sudah, maka halaman blog Anda di Blogger sudah terbuat. Anda bisa mengatur tampilan sesuai dengan keinginan Anda.
  7. Untuk memulai mengisi blog, klik pada kolom ‘Buat Blog Baru’ jika Anda baru pertama kali membuatnya.
  8. Langkah selanjutnya Anda akan disajikan sebuah kolom ‘Blog Baru’ kemudian diminta untuk mengisi judul dan alamat. Untuk pengisian alamat, Anda akan diberi rekomendasi sesuai dengan ketersediaan alamat pada Blogger, jika sudah klik ‘Buat Blog’,
  9. Blogger Anda sudah bisa dipakai dan diisi dengan informasi atau konten sesuai dengan keinginan Anda.

Cara membuat blog di Blogger di atas dapat Anda lakukan dengan mudah. Langkah-langkah yang harus dilewati ketika membuat blog juga tidaklah sulit. Kuncinya adalah Anda sudah memiliki akun Google atau memiliki email dari Gmail. Jika sudah memilikinya, prosesnya akan begitu cepat karena memang Blogger ini sudah terhubung atau sinkron dengan Google. Selamat mencoba.

Leave a Reply