Cara Membuat Barcode Secara Online dan Dengan Smartphone

Alfa - Like Follow

Dahulunya barcode dibuat untuk kepentingan transportasi terutama kereta api. Tetapi untuk masa sekarang ini, barcode juga digunakan untuk berbagai kepentingan dan biasanya dengan mudah ditemukan di mall atau supermarket. Cara membuat barcode sekarang juga sangat mudah, tidak seperti beberapa waktu yang lalu yang prosesnya begitu rumit.

Bahkan kamu bisa mengandalkan smartphone yang ada di genggamanmu untuk membuatnya. Sangat simpel bukan? Tentu ini adalah alternatif yang sangat baik terutama jika kamu harus membuat barcode namun tidak bisa menyalakan PC atau laptop. Selain itu, kamu juga bisa membuat barcode ini secara online sehingga kamu bisa lebih mudah dalam menginventaris ataupun mengidentifikasi produk pribadi.

2 Cara Membuat Barcode

Cara membuat barcode, Cara Membuat Barcode Secara Online dan Dengan Smartphone

Berikut ini akan dipaparkan kedua cara dalam membuat barcode. Cara yang pertama ialah dengan online dan cara yang kedua menggunakan smartphone. Kalau kamu tertarik, kamu bisa menyimak poin-poin yang ada di bawah ini.

1. Secara Online

Jika kamu memilih cara yang pertama ini, maka perangkat yang bisa kamu gunakan untuk membuat barcode bisa berupa PC atau laptop maupun smartphone. Karena di sini sifatnya adalah online, maka kamu tidak perlu menginstall atau memasang aplikasi khusus di perangkat. Lebih lengkapnya seperti ini.

  • Buka situs createbarcodes.com
  • Begitu situs terbuka, akan ada beberapa pilihan barcode yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan
  • Setelah memilih, kamu akan diminta untuk mengisikan data-data yang diperlukan. Jadi silahkan kamu isi sesuai instruksi ya
  • Jangan lupa untuk memasukkan alamat email di kolom yang telah disediakan. Tujuannya adalah untuk mempermudah kamu dalam mengunduh barcode nantinya. Jangan lupa berikan tanda centang juga pada bagian terms and conditions
  • Selanjutnya, kamu bisa pilih cara menyimpan barcode tersebut dan jika sudah langsung cek email kamu untuk mendapatkan hasilnya

Kalau kamu merasa cara di atas terlalu rumit, kamu juga bisa menggunakan situs lainnya kok sebagai alternatif. Begini langkah-langkahnya.

  • Buka situs barcode.tec-it.com/en/
  • Isi data-data yang diminta sesuai dengan instruksi
  • Klik download dan barcode sudah bisa kamu gunakan

Untuk pembuatan barcode secara online, tentu kamu harus memastikan bahwa jaringan internet milikmu memadai ya, supaya proses pembuatannya bisa lebih lancar.

2. Menggunakan Smartphone

Nah, khusus menggunakan smartphone nih, kamu memerlukan bantuan dari aplikasi khusus, salah satunya ialah Barcode Generator. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan di Google Play Store atau di link ini.

Jika sudah kamu pasang di perangkat, lakukan langkah-langkah berikut untuk melanjutkan.

  • Klik ADD CODE yang berada di samping ikon pensil. Biasanya posisinya berada di bagian bawah layar sebelah kanan
  • Kamu akan menemukan beberapa jenis barcode lengkap dengan keterangannya seperti banyaknya digit angka. Kamu bisa pilih jenis yang kamu mau
  • Jika sudah, maka kamu akan dituntun untuk mengisi formulir khusus dan terdiri atas kolom labels, code description dan nama jenis barcode yang dipilih. Khusus untuk nama jenis barcode, kamu isikan dengan angka yang sesuai dengan banyaknya digit yang telah kamu pilih ya. Misalnya, kamu pilih jenis barcode dengan 11 digit, maka kamu harus memasukkan 11 digit angka di kolom yang telah disediakan
  • Kalau semuanya sudah diisi kamu bisa langsung klik tanda centang atau ceklis
  • Sampai di tahap ini, kamu akan melihat barcode yang sudah siap untuk digunakan. Artinya, proses pembuatan barcode sudah selesai dilakukan.
  • Selanjutnya, kalau kamu ingin mencetak barcode tersebut untuk ditempelkan di barang-barang yang diinginkan, kamu bisa pilih EXPORT

Jadi, sudah benar-benar terbukti kan kalau cara membuat barcode itu amat mudah? Hanya dengan bermodalkan smartphone saja, kamu sudah bisa membuat barcode sesuai dengan keinginan. Sekarang kamu tinggal pilih saja, ingin membuat barcode secara online ataukah dengan menggunakan bantuan aplikasi. Selamat mencoba ya.

Leave a Reply