Cara Mematikan Windows Defender di Windows 7, 8 dan 10

Alfa - Like Follow

Windows Defender memang berguna untuk keamanan perangkat dari malware dan virus lainnya di perangkat. Namun ada beberapa pengguna yang justru tidak nyaman karena sedikit-sedikit tidak bisa akses sumber tertentu karena masalah ini. Jika demikian, kamu perlu mematikan Windows defender sesegera mungkin.

Dengan begitu, kamu tidak perlu risih karena tidak ada notifikasi keamanan yang mengganggu kepuasan akses internet. Hanya saja gunakan internet dengan bijak agar tidak merugikanmu. Lantas seperti apa cara mematikan Windows Defender? Kamu bisa cek di artikel berikut.

Cara Mematikan Windows Defender Berhasil 100%

cara mematikan windows defender, Cara Mematikan Windows Defender di Windows 7, 8 dan 10

Ada banyak metode yang bisa dipakai untuk mematikan fitur keamanan Windows ini, baik secara permanen maupun sementara. Jadi kamu tinggal memilih ingin mematikan Windows Defender ini secara permanan atau hanya sementara saja. Mari intip metodenya berikut:

1. Cara Mematikan Windows Defender Dengan Menggunakan Shortcut

Cara pertama yang bisa digunakan adalah memanfaatkan fitur shortcut. Berikut langkah menggunakannya:

  1. Masuk dulu ke menu setting dan berikutnya pilih menu update & security
  2. Berikutnya tinggal masuk ke Windows Security dan pilih lagi virus & threat protection.
  3. Setelah itu, kamu tinggal memilih virus  & threat protection settings.
  4. Di bagian real-time protection, kamu bisa mengklik tombol menjadi off.

Selesai, Windows Defender sudah dinonaktifkan sehingga tidak menganggumu untuk akses internet. Cara ini tergolong singkat tapi fungsinya hanya sementara saja. Jadi kamu bisa cari cara lain untuk menonaktifkan Windows Defender secara permanen.

2. Cara Mematikan Windows Defender Menggunakan Security Center

Cara lain yang bisa digunakan untuk mematikan Windows Defender adalah pakai Security Center. Sama dengan cara sebelumnya, ini bersifat sementara sehingga bisa dihidupkan kembali dengan alasan tertentu. Berikut cara mematikannya:

  1. Langkah pertama, kamu tinggal pilih menu Start Windows yang ada di perangkat masing-masing
  2. Berikutnya tinggal pilih menu Settings dan pilih update & Security.
  3. Selanjutnya klik saja menu Windows Security di bagian kanan halaman utama
  4. Sama dengan sebelumnya, kamu tinggal memilih menu virus & threat protection di pilihan pertama. Nantinya ada beberapa pilihan lain, kamu cukup pilih Virus & threat protection settings kembali.
  5. Matikan saja bagian real-time protection di bagian bawah.

Selesai, kamu sudah berhasil mematikan Windows Defender yang membuatmu risih.

3. Cara Mematikan Windows Defender Menggunakan fitur Registry

Cara mematikan Windows Defender ini cocok untukmu yang mau mematikan fitur keamanan ini secara permanen. Caranya tidak terlalu sulit dilakukan. Ikuti saja langkahnya berikut;

  1. Langkah pertama tentu saja harus membuka menu registri terlebih dahulu. Caranya tinggal klik tombol Windows Key + R dan ketikkan Regedit dan kemudian pilih OK. Biasanya ada jendela pemberitahuan, kamu bisa klik Yes saja.
  2. Berikutnya, kamu tinggal menempelkan perintah ini saja “HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender
  3. Selanjutnya klik kanan di bagian Windows Defender dan pilih baru di menu Drop-Down. Setelah itu kamu tinggal pilih Nilai Dword (32 bit) saja.
  4. Jangan lupa untuk memberi nama di bagian DisableAntiSpyware dan tekan Enter untuk menyimpan perintah ini.
  5. Klik dua kali di bagian menu DisableAntiSpyware dan ubah 0 jadi 1
  6. Restart Komputer

4. Menonaktifkan Windows Defender Permanen Menggunakan Group Policy

Untuk kamu yang menggunakan Windows 10 Pro, Kamu bisa menonaktifkan Windows Defender secara permanent dengan memanfaatkan group policy (gpedit.msc). Tapi sebelum itu, Kamu harus menonaktifkan fitur Temper protections, jika tidak hasil editanmu tidak akan berguna, wajar sebagai salah satu fitur keamanan dari Windows 10 Pro, jadi begitu komputermu reboot atau restart maka konfigurasi akan kembali seperti sebelumnya.

Menonaktifkan Tamper Protection

Untuk menonaktifkan fitur ini kamu harus simak langkah dibawah ini :

  1. Buka Start
  2. Cari Windows Security dan buka
  3. Klik Virus & threat protection
  4. Pada bagian “Virus & threat protection settings” Klik Manage settings
  5. Nonaktifkan Tamper Protection

Menonaktifkan Windows Defender dengan gpedit.msc

Simak langkah – langkah berikut untuk melakukannya :

  1. Bukia Start
  2. Pilih gpedit.msc dan kemudian pilih Local Group Policy Editor.
  3. Ikuti petunjuk berikut : Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Defender Antivirus
  4. Dobel Klik pada Turn off Windows Defender Antivirus
  5. Pilih Enable untuk menonaktifkan
  6. Klik Apply
  7. Klik Ok

Selesai, kamu tinggal memulai ulang perangkat yang digunakan. Biasanya butuh waktu beberapa detik lebih lama setelah mematikan Windows Defender saat memuat perangkat. Itu wajar karena sistem sedang mengatur kembali perangkat sesuai dengan perintah yang diinginkan.

Mematikan Windows Defender memang mudah dilakukan. Hanya saja kamu juga harus tahu resiko jika mematikan fitur keamanan ini. Misalnya serangan malware dan virus bisa mudah masuk ke perangkat. Jadi sebelum mematikan fitur keamanan ini, kamu juga harus tahu resiko yang bakal dihadapi kedepan.

Leave a Reply