Cara Mematikan Download Otomatis Whatsapp Agar Memori Tidak Cepat Penuh

Alfa - Like Follow

Selain digunakan untuk mengobrol dengan orang lain, Whatsapp juga sering digunakan mengirim berbagai file seperti dokumen, video, gambar, foto dan lain sebagainya. Begitu kamu mendapatkan kiriman file seperti itu, umumnya file-file tersebut akan langsung terunduh secara otomatis dan langsung tersimpan dalam memori. Mengenai ini, tentu kamu perlu mematikan download otomatis Whatsapp.

Mengapa demikian? Karena jika dibiarkan, bisa-bisa memori perangkat kamu menjadi lekas penuh dan kuota juga akan lekas habis. Pasalnya jika download otomatis Whatsapp kamu tetap aktif, kuota kamu akan terpakai secara otomatis juga. Tentunya ini bukan kondisi yang menyenangkan kan kalau kamu harus sering-sering beli kuota gara-gara masalah download otomatis ini?

Cara Mematikan Download Otomatis Whatsapp

cara mematikan download otomatis whatsapp, Cara Mematikan Download Otomatis Whatsapp Agar Memori Tidak Cepat Penuh

Mungkin kamu tidak akan masalah soal ini jika memang kuota kamu itu berlimpah. Tetapi jika kamu dalam status lagi pengiritan kuota, kan sayang sekali jika sampai terbuang sia-sia. Apalagi jika file tersebut bukanlah file yang penting dan berguna. Nah, untuk mematikan download otomatis di Whatsapp ini caranya sangat mudah kok. Kurang lebih sebagai berikut.

1. Buka Aplikasi Whatsapp

Pertama, kamu perlu membuka aplikasi Whatsapp terlebih dahulu di perangkat yang biasa kamu gunakan. Proses loading membuka aplikasi ini bervariasi untuk masing-masing perangkat ya, ada yang cepat dan ada juga yang agak lambat. Jadi ditunggu saja.

2. Buka Menu Setelan

Setelah aplikasi tersebut terbuka, kamu bisa langsung menuju ke Menu Setelan. Namun sebelum menemukan menu tersebut, kamu harus klik tanda titik tiga di pojok atas layar sebelah kanan. Barulah kamu akan melihat menu Setelan yang dimaksud.

3. Buka Menu Penggunaan Data dan Penyimpanan

Begitu menu Setelan terbuka, kamu bisa melihat beberapa poin seperti Akun, Chat, Notifikasi, Penggunaan Data dan Penyimpanan, Bantuan serta Undang Teman. Karena di sini kamu bermaksud untuk mematikan download otomatis Whatsapp, maka kamu perlu memilih opsi Penggunaan Data dan Penyimpanan.

4. Mulai Atur Unduh Otomatis Media

Di Penggunaan Data dan Penyimpanan, kamu akan melihat opsi Unduh Otomatis Media. Di sini kamu akan melihat adanya 3 opsi lagi yaitu sebagai berikut:

  1. Saat menggunakan data seluler
  2. Saat terhubung ke WiFi
  3. Saat roaming

Kamu perlu pikirkan dengan baik dulu nih opsi yang mana yang ingin kamu matikan download otomatisnya karena masing-masing opsi perlu pengaturan sendiri-sendiri. Misalnya, kamu tidak ingin Whatsapp mendownload otomatis saat menggunakan data seluler, kamu klik saja opsi yang sesuai.

Setelah itu, hilangkan semua tanda centang yang ada di sana. Dengan demikian, pada saat kamu menggunakan data seluler, tidak akan ada media apapun yang terunduh otomatis baik itu dokumen, video, audio maupun foto.

Hal yang sama juga harus kamu lakukan jika ingin mematikan download otomatis saat terhubung dengan WiFi ya. Intinya sih hilangkan saja tanda centangnya di media yang tidak ingin terdownload otomatis.

5. Tutup Aplikasi Whatsapp

Kalau kamu sudah selesai dengan semua pengaturan di atas, sekarang coba kamu tutup dulu aplikasi Whatsappnya. Jika sudah, matikan sejenak koneksi internetnya baik itu data seluler maupun WiFi. Setelah beberapa saat, aktifkan lagi koneksi internet lalu buka kembali aplikasi Whatsapp kamu.

Setelah ini, semua media yang kamu terima tidak akan terunduh secara otomatis lagi (sesuai dengan yang kamu pilih tadi ya, apakah itu foto audio, dokumen atau video atau justru semuanya).

Itu saja yang harus kamu lakukan untuk mematikan download otomatis Whatsapp. Kalau kamu ingin mengaktifkannya lagi caranya juga sangat mudah kok, kamu hanya perlu mengembalikan tanda centang yang kamu hilangkan tadi. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply