3 Cara Mudah Log Out Gmail Di Android

3 Cara Mudah Log Out Gmail Di Android

Cara log out gmail di Android – Logout atau mengeluarkan akun gmail kita dari ponsel Android adalah sesuatu yang sebenarnya cukup mudah, bahkan banyak tutorial tentang itu, namun dari beberapa artikel cara mengeluarkan akun gmail dari android mengatakan hanya ada satu cara ya itu menghapus akun gmail kalian dari ponsel Android. Tapi sebenarnya tidak terdapat beberapa cara yang mungkin bisa menjadi alternatif untuk logout dari gmail di android kalian.

Gmail adalah sebuah layanan surat elektronik yang dimiliki oleh google, ya bisa kita ketahui sih dari nama G-mail. Gmail saat ini menjadi layaran surat elektronik yang terbilang sangat populer, bahkan seolah-olah tidak ada layanan email gratis yang ada di seluruh dunia ini selain Gmail. Ya walaupun sebenarnya masih ada Yahoo, Outlook, iCloud, Zoho dan lain-lain tapi mungkin tidak familiar.

Kepopuleran Gmail ini tidak lain tidak bukan disebabkan oleh kehadiran Android yang saat itu diusung oleh google dan menanamkan Gmail sebagai Akun defaultnya. Bahkan hingga saat ini akun Gmail sudah menjadi kunci utama ketika kita ingin mendownload Aplikasi di Playstore, membackup data dari ponsel seperti kontak dan pesan, menggunakan Chrome Browser dan mengakses youtube. Belum lagi dengan aplikasi-aplikasi yang mendukung login dengan gmail.

Dengan kepopuleran tersebut, akun Gmail dan segala fitur yang diberikan oleh google kepada kita melalui akun membuat kita itu jadi enggan membuat email baru, karena ya sayang banget kalau harus kehilangan akses ke fitur-fitur google seperti Email, Gdrive, Foto, File, Youtube dan lain-lain. Tapi bagaimana jika ponsel kita jual? di sisi yang lain (alasan privasi) kita tidak ingin data-data kita diketahui orang lain. Solusinya ya harus di logout akun gmailnya nanti kita login lagi di ponsel yang baru.

Cara Logout Akun Gmail Dari Android

Terkait dengan cara mengeluarkan akun gmail dari android sebenarnya terdapat beberapa opsi, walaupun dari beberapa artikel di internet hanya mengatakan cuma ada satu cara.

Sejauh ini bisa kita coba dengan dua sampe tiga cara.

Logout Akun Gmail Dengan Menghapus Akun Gmail

Cara-cara yang umum untuk mengeluarkan akun gmail dari Android adalah dengan menghapus akun tersebut, ya jika dipikir-pikir secara User Experience / pengalaman pengguna tombol Sign Out atau Logout itu seperti tidak berguna, karena akun yang kita hubungkan dengan ponsel Android dianggap sebagai akun penting dan selalu live, jadi ya buat apa dikeluarkan.

Tapi ternyata dilapangan tidak 100% seperti hasil riset google. Sehingga mau tidak mau yang harus menghapus akun gmail kita, lalu login login lagi diponsel yang baru.

Untuk menghapus akun gmail kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Setting atau Pengaturan
  2. Cari dan pilih menu Accounts & Sync
  3. Pilih Google, lalu cari dan pilih akun google yang ingin dihapus.
  4. Tap more (ikon titik 3), Tap Remove Account.

Sampai di sini akun kita sudah hilang, jika cara ini tidak berhasil kalian bisa coba cara menghapus email gmail yang sudah ditulis beberapa waktu yang lalu.

Logout Akun Gmail Dengan Reset Factory

Wah ekstrm!! Tidak kok, walaupun terlihat ekstrim sebenarnya cara ini bisa kalian gunakan ketika kalian hendak menjaul ponsel kalian, dan lebih simple daripada kita harus menghapus satu per satu akun gmail termasuk data-data kita.

Cara reset factory kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan Baterai ponsel kalian diatas 50%
  2. Buka Menu Settings > Backup & Reset > Factory Data Reset
  3. Kemudian akan muncul sebuah notifikasi yang pada intinya kalian diberitahu ini akan menghapus semua data, dan tap Reset Phone untuk melakukan Reset Factory.

Mungkin cara ini akan sedikit berbeda letak atau posisinya, jika kalian menemui masalah terkait tidak bisa reset factory kalian bisa tinggalkan komentar dikolom komentar dibawah.

Logout Akun Gmail di Android dengan Ganti Password

Cara ketiga untuk mengeluarkan gmail kita dari ponsel android adalah dengan mengganti password email tersebut. Cara ini bisa kalian gunakan ketika kalian sudah tidak dapat menjangkau ponsel milik kalian, misalkan saja ponselnya hilang dan tidak dalam mode terkunci, ini sangat bahaya. Agar email kalian tidak terbaca kalian bisa mengganti password Gmail kalian.

Untuk mengganti Password gmail kalian, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs gmail.com dan melakukan login disana.
  2. Cara dan klik menu setting dengan icon gear, pilih Setelan
  3. Klik Tab Menu Akun dan Impor kemudian Klik Ubah Sandi
  4. Masukan sandi sekarang.
  5. Masukan Sandi baru.

Untuk lebih mudah kalian bisa mengkuti 5 langkah mudah mengganti password gmail yang sudah ditulis beberapa waktu yang lalu.

Demikian cara logout akun gmail di Android, pastikan kalian menjaga data-data pribadi kalian dengan baik karena jika tidak, data tersebut bisa disalah gunakan oleh orang lain.

Leave a Reply

Close Menu