Cara Daftar Google Adsense Untuk Blog

Alfa - Like Follow

Google AdSense merupakan salah satu produk dari Google yang bisa mendatangkan keuntungan berupa uang. Untuk menikmati produk tersebut, Anda harus mendaftarnya terlebih dahulu. Cara daftar Google AdSense juga tidak mudah dan membutuhkan proses yang panjang.

Apa itu Google AdSense?

Cara daftar Google AdSense, Cara Daftar Google Adsense Untuk Blog

Mungkin sekarang sudah tidak asing lagi dengan istilah Google Adsense, dimana dengan Adsene ini kita bisa mendapatkan uang dari website yang kita miliki, ditambah lagi ada layanan lain dari google seperti Youtube Adsense ( baca cara daftar adsense youtube ) dan Admob ( Adsense untuk Android atau IOS).

Bagi yang masih asing, Google Adsense adalah program advertising CPC (Cost Per Click) yang dimiliki oleh google dimana seorang menghasilkan uang dari website atau blog yang mereka miliki.

Sesuai dengan namanya seorang bisa menghasilkan uang dari website mereka dengan cara menampilkan iklan diwebsite atau blog mereka, jadi ketika blog atau website kita sudah menampilkan iklan maka pundi-pundi rupiahpun akan mengalir ke akun adsense kita.

Cara Google Adsense Membayar Kita?

Cara daftar Google AdSense, Cara Daftar Google Adsense Untuk Blog
sumber gambar qwords.com

Sebagai Advertising yang menganut sistem CPC (Cost Per Click) maka google adsense ini akan membayar pemilik akun dengan hitungan jumlah orang atau pengunjung website mengklik iklan yang tayang, semakin banyak yang mengklik maka semakin besar pula bayarannya. Namun untuk berapa harga atau bayaran perklik dari iklan tidaklah pasti karena ini berhubungan dengan kemampuan sang pengiklan membayar iklan mereka, mulai dari ratusan rupiah, puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

“Namun kamu perlu berhati-hati, jangan sampai menayangkan iklan terlalu banyak hingga menutup konten blog/website yang kamu miliki atau mengklik iklan sendiri iklan yang tampil, karena akan berujung pada disabled akun adsense yang kamu miliki”

Selain dari iklan yang diklik, google juga akan membayar kita berdasarkan jumlah iklan yang tampil, tentu untuk berapa nominalnyapun tidak pasti. Namun semakin banyak iklan yang tampil maka semakin besar pula bayarannya.

Kapan Google Adsense Membayar Kita?

Cara daftar Google AdSense, Cara Daftar Google Adsense Untuk Blog
banjirembun.com

Google Adsense akan membayar kita setelah nominal uang yang dikumpulkan dari klik dan iklan yang tayang mencapai 1.300.000 rupiah atau setara $100. Pembayaran akan dikirim ke rekening bank yang sudah didaftarkan di menu payment pada tanggal 21 dibulan berikutnya.

Untuk cara menambahkan rekening bank ke akun adsense, kamu bisa baca tutorial resmi dari google berikut ini

https://support.google.com/adsense/answer/3372975?hl=id

Persyaratan Daftar Google Adsense

Cara daftar Google AdSense, Cara Daftar Google Adsense Untuk Blog

Perlu diketahui mendaftar google Adsense tidaklah mudah ada beberapa syarat yang perlu kamu penuhi diantaranya adalah:

  1. Usia pendaftar minimal 18 tahun, namun jika masih kurang kamu bisa meminta orang tua atau wali untuk dimengajukan pendaftaran ke Google Adsense.
  2. Website atau blog yang kamu miliki harus memuat konten yang unik, menarik dan orisinil, bukan hasil copy paste dan juga tidak mengandung unsur pornografi, konten bajakan seperti download aplikasi cracking, tutorial hacking, obat-obat dan senjata terlarang serta hal-hal illegal lainnya.
  3. Sumber trafik harus organik atau organik lebih besar dibandingkan dari sosial media.
  4. Membuat halaman About, Contact, dan Privacy Policy sebagai bentuk keseriusan kamu dalam mengelola blog atau website kamu. ketika halaman ini tidak ada, maka bot google akan menandai blog atau website tersebut sebagai blog/website yang tidak bisa dipercaya.

Cara Daftar Google AdSense

Cara daftar Google AdSense, Cara Daftar Google Adsense Untuk Blog
  1. Buka website untuk daftar akun Google AdSense di alamat https://www.google.com/intl/id_id/adsense/start/
  2. Jika sudah terbuka klik mulai pada kolom berwarna biru, biasanya terletak di pojok kanan atas atau di tengah-tengah halaman
  3. Setelah terbuka Kamu akan dihadapkan pada formulir yang berisi situs Kamu, alamat email, dan dapatkan info AdSense
  4. Pada kolom situs, silakan isi dengan alamat website atau blog sesuai dengan yang kamu miliki. Pastikan lagi alamat web/blog sudah benar.
  5. Kemudian pada kolom alamat email diisi dengan email yang akan kamy jadikan sebagai akun AdSense. Pastikan alamat email tersebut belum pernah dipakai untuk mendaftar AdSense
  6. Setelah itu pada kolom “dapatkan info AdSense yang bermanfaat di alamat email tersebut”, Kamu pilih “Ya, kirimi saya saran bantuan dan performa yang disesuaikan”. Kemudian klik pada kotak biru bertuliskan simpan dan lanjutkan
  7. Jika sudah Kamu akan dibawa ke halaman berikutnya untuk melihat profil yang telah Kamu isi di awal, serta memilih Negara atau wilayah, Kamu bisa isi Indonesia
  8. Di bawah kolom pilihan Negara terdapat penjabaran mengenai persyaratan dan ketentuan, Kamu baca dan pahami, jika sudah selesai centang kolom ‘Ya, Saya telah membaca’ dan klik kotak bertuliskan ‘buat akun’
  9. Setelah berhasil membuat akun Google AdSense, Kamu akan dibawa ke halaman utama atau dashboard akun AdSense. Di halaman ini, Kamu akan ditampilkan kolom ‘Payment address detail’ dan ‘Payment Profile’. Usahakan untuk mengisi dengan data secara lengkap  sesuai dengan tempat kamu tinggal.
  10. Pada langkah selanjutnya kamu akan diminta untuk menyalin kode iklan yang sudah disediakan di halaman tersebut. Jika sudah selesai menyalin, klik ‘Done’.
  11. Pendaftaran akun Googla Adsense sudah selesai. Tahap selanjutnya adalah menunggu tinjauan dari pihak Google. Jika akun disetujui maka kamu akan dihubungi melalui email yang daftarkan di awal tadi oleh google.

Tips Agar Pengajuan AdSense Diterima

Jika kamu ingin akun Google AdSense yang didaftarkan segera diterima oleh pihak Google, kamu harus memenuhi syarat dan ketentuan yang ada.  Agar kamu lebih mudah memahami, di bawah ini tips agar akun AdSense mudah diterima.

  1. Berusia di atas 18 tahun. Pihak Google hanya akan menerima mitra yang memiliki umur di atas 18 tahun.
  2. Pastikan hanya ada satu akun yang kamu daftarkan di Google AdSene.  Jika kamu ingin memiliki lebih dari satu akun, coba pinjam identitas dari kerabat dekat.
  3. Website atau blog kamu sudah masuk ke dalam indeks Google.
  4. Pastikan umur dari website atau yang kamu ajukan  sudah berumur lebih dari 1 bulan.
  5. Pastikan jumlah konten yang ada di website kamu tidak telalu sedikit.
  6. Pastikan website yang kamu daftarkan sudah memiliki pengunjung, minimal 100 pengunjung setiap harinya.
  7. Periksa konten yang ada pada website konten selalu menarik dan unik.
  8. Buatlah sebuah halaman yang menjelaskan website yang kamu daftarkan. Buatlah satu konten dengan tema About, Contact dan Privacy Policy
  9. Pastikan kamu mengisi konten secara rutin selama masa peninjauan. Hal ini akan berpengaruh pada nilai website kamu di pihak Google.

Cara daftar Google AdSense di atas merupakan langkah awal untuk dapat menjadi mitra Google. Setelah selesai membuat akun, kamu masih harus menunggu persetujuan dari Google. Untuk waktunya juga tidak ada batasan pasti. Namun agar akun yang kamu daftarkan dapat dengan mudah diterima pastikan sudah memenuhi semua syarat yang diajukan oleh pihak Google.

Leave a Reply