Aplikasi yang Bisa Digunakan untuk Video Conference

Alfa - Like Follow

Video conference bisa menjadi solusi ketika tidak bisa diadakan pertemuan langsung untuk berbagai kepentingan. Kepentingan-kepentingan seperti perusahaan, organisasi, dan juga pendidikan terkadang harus dilakukan dan tidak bisa ditunda. Tetapi terkadang kondisi yang menghalangi untuk melaksanakan kepentingan tersebut. Maka dari itu, muncul berbagai aplikasi video conference.

Berbagai aplikasi tersebut menjadi penyedia video conference sehingga berbagai pihak bisa memanfaatkannya. Tahukah kamu apa saja aplikasi-aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk video conference? Kamu akan menemukan jawabannya pada artikel berikut ini.

Contoh Aplikasi Video Conference yang Bisa Kamu Gunakan

aplikasi video conference, Aplikasi  yang Bisa Digunakan untuk Video Conference

Video conference adalah istilah yang digunakan untuk melakukan interaksi yang interaktif antara dua orang atau lebih. Untuk bisa melakukan hal tersebut, dibutuhkan penyedia jasa layanan video conference yang bisa didapatkan di aplikasi-aplikasi berikut ini.

1. Whatsapp

Whatsapp adalah jenis aplikasi chat yang juga bisa digunakan untuk melakukan video conference. Dapat dikatakan, whatsapp adalah aplikasi video conference yang sederhana. Cara untuk melakukan konferensi video dengan ini adalah dengan cara melakukan video call. Fitur video call yang dilakukan melalui whatsapp bisa dilakukan dua orang hingga empat orang.

2. Skype

Selanjutnya adalah aplikasi keluaran Microsoft yang satu ini. Pada jenis aplikasi skype, kamu dapat mengadakan tatap muka secara daring dengan orang hingga berjumlah 25 orang. Aplikasi ini tepat untuk rapat perusahaan, organisasi, kelas belajar kecil, dan lain sebagainya.

Skype ini bukan hanya untuk video call saja, tetapi juga bisa digunakan untuk voice call dan juga chat. Aplikasi yang satu ini menggunakan nama sebagai cara untuk mencari penggunanya.

3. Zoom

Jika kamu membutuhkan aplikasi video conference yang dapat memuat interaksi dengan kurang lebih 100 orang, maka agaknya zoom adalah jawabannya. Hal ini dikarenakan sangat banyak kuota orang yang bisa terhubung pada aplikasi ini, yakni lebih dari 50 orang. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung agar konferensi yang dilakukan menjadi lancar.

4. Imo

Aplikasi untuk video conference yang satu ini cukup unik, karena mampu melakukan sinkronisasi atas kontak yang terdapat pada ponsel kamu. Kontak yang ada bukan hanya kontak pada simcard, tetapi juga kontak berbagai sosial media kamu seperti steam, facebook, dan juga skype. Yang menjadi kelebihan Imo ini diakses dengan 3G dan tentunya tetap lancar.

5. Hangout

Aplikasi ini adalah aplikasi besutan google. Di sini bisa menampung orang berjumlah sangat banyak yakni hingga kurang lebih 250 orang. Sebenarnya, aplikasi ini awalnya menarik pungutan untuk penggunaan aplikasinya. Tetapi, jika kamu mengakses sebelum 1 juni 2020 maka kamu tidak akan dikenakan biaya.

Aplikasi yang satu ini memiliki berbagai fitur google yang antara lain sebagai berikut.

  1. Penampilan caption otomatis. Penampilan caption ini menggunakan teknologi text-to-speech.
  2. Penampilan berbagai jadwal. Jadwal ini diintegrasikan dengan aplikasi google yang lainnya, yakni google calendar.

6. Google Duo

Masih besutan google, selanjutnya adalah aplikasi bernama google duo. Di sini, kamu dapat melakukan panggilan video meskipun bandwidth yang dimiliki rendah. Fitur yang menarik di google duo ini adalah fitur yang bernama “knock knock”. Ini adalah istilah fitur yang memungkinkan Kamu mengetahui terlebih dahulu pratinjau penelpon sebelum mengangkat video call tersebut.

7. Slack

Selain di atas, aplikasi slack juga bisa digunakan untuk video conference. Ini merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk video conference sebanyak 15 orang yang terintegrasi dalam grup. Ini merupakan jumlah yang ideal untuk berbagai jenis diskusi atau conference.

Jika kamu menggunakan slack, maka kamu tidak perlu khawatir karena aplikasi ini sudah terintegrasi dengan berbagai aplikasi lainnya untuk memudahkan kamu. Aplikasi yang terintegrasi adalah twitter, dropbox, drive google, dan lain sebagainya.

Di aplikasi Slack, ada fitur yang mirip dengan aplikasi chat whatsapp dan line. Fitur tersebut adalah fitur untuk menelusuri percakapan yang telah diperbincangkan sebelumnya. Dengan begini tentunya akan lebih mudah bagi kamu ketika mencari informasi yang kamu butuhkan.

Dari ketujuh aplikasi untuk video conference di atas, manakah yang sudah pernah kamu gunakan? Disaat ini, banyak sekali digunakan video conference dilakukan untuk mengganti pertemuan secara langsung karena berbagai kondisi dan situasi yang mewajibkan hal tersebut harus terjadi.

Next PostRead more articles

Leave a Reply