10 Aplikasi Burning CD/DVD Yang Rekomended Untuk Kamu Gunakan

  • Post Author:
  • Post Category:Windows
10 Aplikasi Burning CD/DVD Yang Rekomended Untuk Kamu Gunakan

Tahukah Kamu tentang apa itu burning CD ? Ya, burning CD adalah suatu aplikasi yang bertujuan untuk “membakar” file dari PC Desktop maupun laptop ke dalam Compact Disk (CD). Beberapa jenis file yang dapat Kamu burning adalah file dokumen, foto, hingga video. Oleh sebab itu, untuk Kamu yang ingin burning file ke CD, maka Kamu perlu mendownload aplikasi burning CD.

Sebelum Kamu melakukan burning CD, yang perlu Kamu perhatikan adalah pastikan ukuran file yang akan Kamu burning ini lebih kecil dengan kapasitas maksimal CD kosong yang Kamu sediakan. Sebab, apabila ukuran file yang akan Kamu burning lebih besar dibandingkan kapasitas maksimal CD kosong yang Kamu sediakan, maka proses burning CD ini pun akan gagal.

Tips Memilih Aplikasi Untuk Burning CD

Memang cukup banyak aplikasi untuk burning CD yang dapat Kamu gunakan. Namun, diantara banyaknya aplikasi untuk burning tersebut, maka Kamu dapat memilih aplikasi yang mudah digunakan serta dilengkapi dengan fitur-fitur yang diperlukan untuk pengguna. Untuk itu, inilah tips mudah memilih aplikasi untuk burning CD diantaranya adalah :

  • Dapat Memburning Berbagai Jenis CD

Tips pertama dalam memilih aplikasi untuk burning CD adalah dapat memburning berbagai jenis CD. Memang terdapat berbagai jenis-jenis CD kosong ini seperti CD dan juga DVD. Nah, untuk Kamu yang ingin memburning file video maka disarankan untuk memburning menggunakan jenis DVD.

Jadi, pastikan bahwa aplikasi untuk burning CD yang akan Kamu gunakan memiliki fitur burning untuk jenis DVD.

  • Ukuran File

Bagi kalian yang menggunakan laptop ataupun PC Desktop dengan spesifikasi menengah, maka kalian  tak perlu khawatir. Sebab, beberapa jenis aplikasi untuk burning CD ini memiliki ukuran file yang tidak cukup besar. Oleh karena itu, pilih jenis aplikasi untuk burning CD dengan ukuran file yang tidak cukup besar sehingga tidak membuat laptop kalian hang atau ngelag

Rekomendasi Aplikasi Burning CD

aplikasi burning cd,
aplikasi burning cd di laptop,
aplikasi burning cd portable

Pada kesempatan kali ini kami, akan merekomendasikan beberapa aplikasi yang berfungsi untuk memindahkan file dari laptop ataupun PC Desktop maupun laptop ke dalam CD. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Nero

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi nero burning CD. Ya, hampir semua orang yang ingin memburning CD ini selalu menggunakan software aplikasi yang satu ini. Sebab, nero ini memiliki beragam fitur yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Dengan menggunakan software aplikasi nero, Kamu dapat memburning file ke dalam jenis CD ataupun DVD. Selain itu, proses burning CD yang sangat mudah inii menjadi keunggulan dari software tersebut.

  1. CD BurnerXp

Rekomendasi aplikasi yang berfungsi untuk burning CD selanjutnya adalah CD BurnerXP. Ya, aplikasi yang satu ini direkomendasikan bagi Kamu yang menggunakan laptop ataupun PC Desktop dengan sistem operasi windows 7 hingga windows 10.

Dengan menggunakan aplikasi CD BurnerXP ini, maka Kamu tidak hanya dapat burning file dokumen, foto, ataupun video saja. Melainkan, Kamu juga dapat burning file dengan format ISO.

  1. ImgBurn

Bagi kalian yang ingin memburning file dengan beragam macam formatnya, maka kalian disaarankan untuk menggunakan aplikasi software yakni ImgBurn. Sebab, dengan menggunakan ImgBurn ini kalian dapat memburning beragam macam file dengan format apa saja, seperti JPEG, JPG, PNG, IMG (untuk foto) hingga format 3GP, MKV, Blu-Ray (untuk video).

Selain itu, terdapat beberapa pilihan mode burning seperti, Read untuk melihat ulang file sebelum diburning,  write untuk mengedit file sebelum diburning, hingga mode verifity untuk memverifikasi apakah file siap untuk diburning.

  1. Ashampoo Burning Studio

Software aplikasi Ashampoo Burning Studio ini memang dari segi fitur memiliki kesamaan dengan software aplikasi Nero.

Akan tetapi, Ashampoo Burning Studio ini memiliki kelebihan tersendiri yakni dapat memburning file dalam satu folder secara langsung hingga memiliki fitur backup serta enkripsi file sehingga file yang telah Kamu burning ini memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi.

  1. PowerISO

PowerISO merupakan salah satu aplikasi untuk burning CD yang paling direkomendasikan bagi Kamu. Ya, dengan menggunakan software tersebut, maka hasil file burning pun berubah format menjadi ISO sehingga Kamu dapat memutar file tanpa perlu menyertakan CD hasil burning.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi PowerISO ini juga dapat membantu Kamu untuk ripiing audio ke CD dengan berbagai macam format seperti FLAC, MP3, WMA, dan format audio lainnya.

  1. Ultimate CD/DVD Burner

Ultimate CD/DVD Burner merupakan salah satu aplikasi untuk burning CD yang direkomendasikan bagi Kamu yang memiliki laptop atau PC Desktop kelas menengah. Ya, aplikasi ini memang memiliki spesifikasi yang cukup ringan, sehingga tidak membuat laptop maupun PC Desktop Kamu ngelag atau hang.

  1. Star Burn

Aplikasi Star Burn ini memang hampir mirip dengan aplikasi Ultimate CD/DVD Burning. Sebab, kedua aplikasi tersebut memiliki spesifikasi cukup ringan dan tidak membuat laptop maupun PC Dekstop Kamu ngelag atau hang. Akan tetapi, fungsi dari Star Burn ini lebih lengkap.


Dengan menggunakan aplikasi Star Burn ini, Kamu dapat memburning file dalam jumlah banyak. Jadi, Kamu tidak perlu memburning file yang akan Kamu pindahkan secara satu persatu. Bagi Kamu yang ingin menggunakan aplikasi ini, maka Kamu dapat mendownloadnya disini

  1. InfraRecorder

InfraRecorder juga menjadi salah satu rekomendasi aplikasi burning CD yang dapat Kamu gunakan. Kelebihan dari software aplikasi burning CD yang satu ini adalah Kamu dapat melakukan copy disk dan hampir semua sistem operasi windows pun kompatibel dengan InfraRecorder.

  1. BurnAware

Bagi Kamu yang ingin memburning file ke CD dengan pilihan beragam format CD, maka Kamu dapat menggunakan aplikasi BurnAware . Aplikasi ini membantu Kamu untuk memburning file ke CD dengan pilihan format output seperti ISO, UDF, hingga ISO UDF.

  1. [email protected] ISO Burner

Rekomendasi aplikasi untuk burning CD adalah [email protected] ISO Burner. Dengan menggunakan aplikasi ini, Kamu juga dapat memburning file untuk pilihan jenis CD seperti CD-R, CD-RW, DVD-R, hingga DVD-RW.

Meskipun banyak orang yang memilih menggunakan flashdisk atau HDD eksternal untuk memindahkan file dari laptop ataupun PC Desktop, namun tetap saja pilihan memburning file ke CD juga dirasa cukup penting untuk berbagai kepentingan. Maka dari itu, untuk Kamu yang tetap ingin memindahkan file ke CD, Kamu dapat memilih satu diantara 10 rekomendasi aplikasi untuk burning CD.

Leave a Reply