Pengertian dan Kegunaan Web Server Menurut Para Ahli

Alfa - Like Follow

Kemajuan teknologi dan komunikasi semakin hari semakin maju. Bahkan saat ini kehidupan dunia sudah tidak bisa terlepas dari yang namanya internet. Internet sendiri terdiri dari client dan web server. Jika Anda sebagai pengguna maka disebut client. Lantas apa itu web server dan apa kegunaannya?

Apa itu Web Server dan Apa Kegunaannya?

apa itu web server dan apa kegunaannya, Pengertian dan Kegunaan Web Server Menurut Para Ahli

Apa itu web server? Secara sederhana pengertian web server adalah sebuah perangkat lunak atau software yang menyediakan layanan berbasis data. Layanan tersebut memiliki fungsi sebagai penerima permintaan dari pengguna internet atau yang disebut client. Permintaan tersebut biasanya berbentuk http atau https yang kemudian disajikan dalam bentuk website atau halaman situs.

Sebenarnya ada banyak pengertian yang dikemukakan oleh para ahli. Setiap ahli tersebut juga memiliki pandangan sendiri mengenai pengertian web server. Biasanya pengertian web server ini dipandang melalui fungsi dan tugasnya. Adapun beberapa pengertian web server menurut para ahli yakni:

1. Web Server Menurut Solichin

Menurutnya, web server merupakan perangkat lunak yang terpasang/terinstall dalam komputer server. Perangkat lunak tersebut memiliki fungsi untuk menerima permintaan atau request dari pengguna berupa halaman website. Biasanya halaman tersebut berbentuk HTTP (Hyper Text Transfer Protokol) dan HTTPS ( Hyper Text Transfer Protokol Secure) yang kemudian dikirim dalam bentuk laman.

2. Web Server Menurut Khairil

Dalam pengertiannya ia menjelaskan bahwa web server merupakan perangkat lunak atau software yang menjadi tumpuan atau tulang punggung dari sebuah world wide web (www). Web server ini akan menunggu permintaan dari pengguna atau client, mengolah atau memproses permintaan tersebut, kemudian menyajikannya menjadi sebuah halaman website.

3. Web Server Menurut Nugroho

Ahli satu ini mengungkapkan bahwa yang dimaksud web server adalah sesuatu yang dihasilkan oleh server khusus yang dipakai untuk menyimpan sebuah halaman website. Web server ini harus memiliki sebuah program khusus yang dinamakan dengan Personal Web Server (PWS). PWS ini memiliki fungsi ini dapat diakses oleh pengguna atau client.

Kegunaan atau Fungsi Web Server

Ditinjau dari pengertian web server di atas, web server tentunya memiliki fungsi yang sangat penting. Secara sederhana fungsi web server adalah sebagai tempat untuk memproses atau mengolah perintah dari pengguna yang kemudian menyajikan dalam bentuk halaman website. Fungsi tersebut jika dilihat dari sisi perannya sebagai software. Namun web server juga terkadang bisa berperan sebagai hardware.

Fungsi utama dari sebuah web server adalah sebagai tempat perpindahan atau transfer berkas sesuai dengan permintaan pengguna atau client. Permintaan tersebut tentu melalui protokol yang jelas dan terstruktur. Berkas yang dikirim dapat berupa tulisan, gambar, bahkan video.

Sebuah web server juga dapat berfungsi sebagai perangkat keras atau hardware, ia memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan. File yang dapat tersimpan dapat berupa CSS, HTML, JavaScript, dokumen, gambar, dan masih banyak lagi. Namun bukan hanya itu, masih ada beberapa fungsi lain dari web server, diantara adalah:

  1. Bisa sebagai tempat pembersihan berbagai macam cache yang terdapat pada web browser serta menghapus modul yang sudah tidak digunakan lagi.
  2. Bisa melakukan pemindaian pada sistem keamanan sesuai dengan kiriman yang diberikan oleh browser yang diminta oleh HTTP.
  3. Menjamin sistem keamanan berjalan agar lancar dengan cara menyediakan atau mengirimkan data berdasarkan order yang masuk.

Ketika Anda sudah mengerti apa itu web server dan apa kegunaannya, Anda bisa lebih paham ketika menggunakannya. Dengan demikian keberadaan web server sebenarnya sangat dekat dengan Anda ketika sedang menggunakan browser. Apalagi untuk saat ini sudah banyak orang yang memanfaatkan website sebagai mata pencaharian, seperti contohnya berdagang melalui online shop.

Next PostRead more articles

Leave a Reply