Apa itu Kernel dan Apa Kegunaannya?

Alfa - Like Follow

Dalam perangkat komputer ada banyak sekali perangkat yang digunakan. Mungkin untuk mengenal satu persatu perangkatnya akan cukup merepotkan. Tapi ada satu perangkat di komputer yang harus Anda ketahui itu adalah Kernel. Kemudian apa itu kernel dan apa kegunaannya?

Apa itu Kernel dan Apa Kegunaannya?

Apa itu kernel dan apa kegunaannya, Apa itu Kernel dan Apa Kegunaannya?

Pengertian Kernel

Kernel adalah software dalam komputer yang jadi inti dari sistem operasi komputer. Kernel mengontrol penuh semua yang ada dalam sistem. Kernel adalah bagian integral dari sebuah sistem operasi, apapun jenisnya. Kernel memfasilitasi interaksi antar komponen software dan hardware.

Di banyak sistem operasi komputer, kernel adalah program pertama yang dimuat ketika sedang menyalakan komputer. Sehingga momen Anda menyalakan komputer atau saat booting, kernel adalah software pertama yang dinyalakan untuk kemudian menyalakan hardware dan software lainnya.

Jika digambarkan, kernel itu seperti penghubung antara aplikasi dengan CPU, memory, dan hardware. Kernel seperti penerjemah perintah dari aplikasi untuk dilakukan oleh hardware. Misalnya Anda ingin mengecilkan suara komputer Anda. Anda kemudian menuju sound dan menurunkan suaranya.

Pada aplikasi Anda sedang menurunkan volume komputer Anda. Pesan itu diteruskan oleh kernel ke devices atau perangkat sound Anda sehingga suaranya ikut mengecil.

Fungsi/Kegunaan Kernel

Kernel memiliki beberapa fungsi atau kegunaan.

  1. Penghubung Software dan Hardware yang Aman

Fungsi pertama dari kernel adalah menjadi penghubung antara Hardware dan Software. Bukan hanya sekedar penghubung perintah software ke hardware, tapi kernel juga menjadi penghubung yang aman antara keduanya.

Penghubung yang aman ini penting dalam sebuah proses komputasi di komputer. Jika terjadi hubungan antara software dan hardware yang tidak aman, bisa berdampak pada kerusakan sistem, dan pada akhirnya bisa merusak perangkat keras komputer Anda. Itulah kenapa kernel jadi sangat penting.

  1. Timer Penggunaan Software atas Hardware

Kernel juga mengatur berapa lama penggunaan software atas sebuah hardware. Maksudnya begini, secara tidak Anda sadari, perangkat komputer Anda hampir selalu menjalankan software dan hardware secara bersamaan. Jika terus dibiarkan berjalan, maka hardware Anda bisa soak.

Maka dibutuhkan pengatur waktu agar hardware tidak selalu terpakai. Tujuannya untuk membuat kerja hardware dan komputer jadi lebih efisien. Sekarang bayangkan jika Anda sedang tidak menggunakan program apapun, tapi ternyata hardware Anda menyala terus. Komputer Anda bisa panas dan ngehang.

Jadi apa itu kernel dan apa kegunaannya sudah terjawab. Fungsi utama kernel memang hanya ada dua. Karena sekali lagi, kernel adalah penghubung antara hardware dan software. Itu yang perlu Anda garis bawahi.

Kategori Kernel

Untuk memahami kernel lebih jauh, Anda harus tahu bahwa kernel memiliki beberapa kategori.

  1. Monolitik

Monolitik adalah kernel yang menyatukan banyak fungsi di dalam sebuah kernel. Kemudian kernel menyediakan sesuatu yang dalam ilmu komputer disebut lapisan abstraksi perangkat keras dengan penuh. Semua proses itu terjadi di bawah kendali sistem operasi. 

  1. Microkernel

Kategori kernel yang ini hanya menyediakan sedikit abstraksi perangkat keras. Kemudian menggunakan abstraksi itu untuk melakukan beberapa fungsi atau menyuruh pada perangkat keras.

  1. Hybrid

Hybrid merupakan modifikasi dari microkernel. Ada tambahan kode yang bisa meningkatkan performa kernel.

  1. Exokernel

Dalam exokernel, program dapat langsung mengakses hardware. Jadi lebih efisien dalam penggunaan sistem operasinya. Artinya, tidak ada proses yang rumit. Kernel kategori ini langsung memberikan perintah pada hardware dan hardware langsung mengeksekusi perintah.

Apa itu kernel dan apa kegunaannya sudah Anda ketahui. Anda juga sudah mengetahui beberapa kategori dari kernel. Memang, sekali lagi kernel adalah komponen yang cukup rumit untuk dipahami. Kami berusaha membuatnya terasa sederhana sehingga lebih mudah dipahami.

Next PostRead more articles

Leave a Reply