5 Tips Membuat Video Slideshow Keren dengan Mudah

Alfa - Like Follow

Slideshow video yang menarik akan membuat banyak penontonnya emosional. Apakah merasa haru, marah, sedih, hingga gembira bersama rangkaian foto-foto dan video yang disajikan.

Sementara slideshow video yang tidak menarikk akan membut mereka bosan, mengantuk, tidak fokus, dan malas untuk melanjutkan menontonnya.

Banyak orang ingin membuat slideshow video yang menarik. Karena hal ini bisa mengubah suasana sebuah acara menjadi lebih menarik. Mulai dari acara pernikahan, ulang tahun, bahkan hingga acara pemakaman.

Bahkan, tidak hanya untuk acara-acara tersebut saja, kita juga bisa menggunakannya untuk acara bisnis. Mulai dari presentasi, penjualan, promosi, hingga kampanye marketing media sosial.

Apapun itu, kita perlu untuk mengikuti beberapa tips singkat sebelum membuat slideshow video. Hal ini agar nantinya slideshow video yang kita buat tidak tampak membosankan dan akan tampil mengesankan para penonton.

Ini dia tips membuat slideshow video yang menarik.

5 Tips Membuat Video Slideshow Keren

  1. Mulai dari slide terakhir
  2. Jangan terlalu panjang dan jangan terlalu pendek
  3. Gunakan musik yang pas
  4. Tambahkan quotes atau kutipan
  5. Pilih aplikasi slideshow yang mudah digunakan

1.  Mulai Dari Slide Terakhir

tips video slideshow, 5 Tips Membuat Video Slideshow Keren dengan Mudah

Sebelum membuat sebuah slideshow video, sebaiknya kita menentukan apa foto atau video terakhir yang akan ditunjukkan. Kita ingin membuat sebuah narasi yang menarik hingga mencapai puncaknya di akhir video. Karenanya kita perlu memikirkan slide terakhir yang akan kita tunjukkan. Pastikan hal itu disukai banyak orang, dan mendukung kisah dan cerita yang ingin disampaikan.

Selain itu, pastikan juga kita mengetahui dalam bentuk apa slideshow ditampilkan. Apakah dalam bentuk MP4, AVI, dll. Pastikan kita mengetahui dan bisa ditonton ketika dibutuhkan. Jangan sampai juga kita membuat sebuah video dalam bentuk kurang dari HD. Paling tidak minimal buat video dalam bentuk HD 720p.

2.  Jangan Terlalu Panjang Dan Jangan Terlalu Pendek

tips video slideshow, 5 Tips Membuat Video Slideshow Keren dengan Mudah

Durasi adalah hal lain yang perlu untuk dipertimbangkan. Jangan membuat sebuah slideshow video yang berdurasi terlalu panjang dan bertele-tele. Hal ini akan membuat banyak orang merasa bosan dan bertele-tele. Pastikan durasi slideshow video sangat tepat dan tidak terlalu panjang. Walau begitu, jangan sampai video slideshow juga terlihat sangat pendek. Karena hal ini bisa membuat hal tersebut menjadi kurang berkesan bagi para penontonnya.

3.  Gunakan Musik Yang Pas

tips video slideshow, 5 Tips Membuat Video Slideshow Keren dengan Mudah

Ada sebuah elemen lain yang penting untuk slideshow video, hal itu adalah lagu. Kita perlu untuk menggunakan lagu atau musik yang tepat untuk sebuah slideshow video. Hal ini wajib dilakukan karena tujuan dari dibuatnya slideshow adalah untuk membangun suasana. Untuk pernikahan, kita perlu menggunakan musik yang romantis dan bertemakan cinta. Sementara untuk ulang tahun, kita perlu menggunakan musik yang memberikan kesenangan dan kegembiraan. Sementara untuk hal yang lebih profesional, seperti presentasi, kita bisa memasang musik dan lagu yang cocok dengan materi presentasi yang ada.

4.  Tambahkan Quotes Atau Kutipan

tips video slideshow, 5 Tips Membuat Video Slideshow Keren dengan Mudah

Sekali lagi, video slideshow adalah media yang tepat untuk bercerita. Maka dari itu, berceritalah. Dengan menggunakan kutipan, kita bisa menceritakan foto atau video. Apakah itu kisah di balik belakang kamera, atau bahkan kapan foto atau video dalam slideshow itu diambil. Kita juga bisa menambahkan beragam kutipan atau kata-kata mutiara yang menarik untuk semakin membangun sebuah suasana bagi para penonton.

5.  Pilih Aplikasi Slideshow Yang Mudah Digunakan

tips video slideshow, 5 Tips Membuat Video Slideshow Keren dengan Mudah

Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat slideshow video. Tapi biasanya ada beberapa aplikasi yang tidak lengkap dalam segi fitur, sehingga membuat video slideshow yang dibuat kurang maksimal. Karenanya kita perlu menggunakan aplikasi pembuat video slideshow yang jelas. Bisa membuat otomastis, memasukkan lagi, menambahkan teks, mengatur durasi, hingga mendownloadnya dalam bentuk HD.

Leave a Reply