Ponsel  

10 Cara Atasi Poco X6 Pro Panas Saat Nge Game, 99% Dingin Lagi

Avatar photo

Poco X6 Pro adalah salah satu smartphone terbaik di kelasnya, dengan performa yang powerful berkat chipset Dimensity 8300-Ultra, layar AMOLED 120 Hz yang mumpuni, dan baterai 5000 mAh yang awet. Namun, tidak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk Poco X6 Pro. Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna Poco X6 Pro adalah panas saat ngegame.

10 Cara Atasi Poco X6 Pro Panas Saat Nge Game, 99% Dingin Lagi
10 Cara Atasi Poco X6 Pro Panas Saat Nge Game, 99% Dingin Lagi

Apalagi jika kamu suka main game berat seperti PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, atau Genshin Impact. Panas yang berlebihan bisa membuat smartphone menjadi lemot, baterai cepat habis, atau bahkan rusak. Tentu kamu tidak mau hal itu terjadi, kan?

Cara Atasi Poco X6 Pro Panas Saat Nge Game

Nah, untuk mengatasi masalah Poco X6 Pro panas saat ngegame, kami punya 10 cara yang bisa kamu coba. Cara-cara ini sudah terbukti ampuh dan mudah dilakukan oleh siapa saja. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Salah satu penyebab Poco X6 Pro panas saat ngegame adalah terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi-aplikasi ini bisa memakan RAM, CPU, dan baterai yang seharusnya digunakan untuk game. Oleh karena itu, sebelum kamu mulai ngegame, pastikan kamu menutup semua aplikasi yang tidak digunakan.

Kamu bisa melakukannya dengan cara menekan tombol multitasking, lalu geser ke atas semua aplikasi yang ada. Atau, kamu bisa menggunakan fitur Game Turbo yang ada di Poco X6 Pro. Fitur ini bisa membantu kamu mengoptimalkan kinerja smartphone saat ngegame, termasuk membersihkan RAM dan menutup aplikasi yang tidak perlu.

2. Turunkan Kualitas Grafis dan Frame Rate Game

Cara kedua yang bisa kamu coba untuk mengatasi Poco X6 Pro panas saat ngegame adalah menurunkan kualitas grafis dan frame rate game. Meskipun Poco X6 Pro memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk menjalankan game dengan kualitas tinggi, tapi hal itu juga berarti membutuhkan sumber daya yang besar.

Semakin tinggi kualitas grafis dan frame rate game, semakin besar pula beban yang ditanggung oleh smartphone. Akibatnya, smartphone bisa menjadi panas dan boros baterai. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba menurunkan kualitas grafis dan frame rate game sesuai dengan kebutuhanmu.

Kamu bisa melakukannya dengan cara masuk ke pengaturan game, lalu pilih opsi grafis dan frame rate yang sesuai. Biasanya, ada beberapa pilihan seperti rendah, sedang, tinggi, atau ekstrim. Kamu bisa memilih yang rendah atau sedang untuk menghemat sumber daya dan mencegah panas.

3. Gunakan Jaringan Wi-Fi atau 4G yang Stabil

Cara ketiga yang bisa kamu coba untuk mengatasi Poco X6 Pro panas saat ngegame adalah menggunakan jaringan Wi-Fi atau 4G yang stabil. Jaringan internet yang tidak stabil bisa membuat smartphone bekerja lebih keras untuk mencari sinyal dan mengirim data. Hal ini bisa membuat smartphone menjadi panas dan lemot.

Apalagi jika kamu main game online yang membutuhkan koneksi internet yang cepat dan lancar. Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa kamu menggunakan jaringan Wi-Fi atau 4G yang stabil saat ngegame. Kamu bisa melakukannya dengan cara memilih lokasi yang memiliki sinyal yang kuat, atau menggunakan router Wi-Fi yang berkualitas. Jika perlu, kamu bisa juga menggunakan aplikasi penguat sinyal atau VPN untuk meningkatkan kualitas jaringanmu.

4. Jangan Gunakan Casing yang Tebal

Cara keempat yang bisa kamu coba untuk mengatasi Poco X6 Pro panas saat ngegame adalah jangan menggunakan casing yang tebal. Casing yang tebal bisa menghalangi proses pendinginan smartphone, karena menutupi lubang-lubang ventilasi yang ada. Akibatnya, panas yang dihasilkan oleh smartphone tidak bisa keluar dengan baik, dan malah terperangkap di dalam casing.

Hal ini bisa membuat smartphone menjadi semakin panas dan berisiko rusak. Oleh karena itu, kamu sebaiknya tidak menggunakan casing yang tebal saat ngegame. Kamu bisa melepas casing yang kamu gunakan, atau menggunakan casing yang tipis dan ringan. Jika perlu, kamu bisa juga menggunakan casing yang memiliki fitur pendingin, seperti kipas atau heatsink, untuk membantu mendinginkan smartphone.

5. Jangan Gunakan Charger atau Powerbank Saat Ngegame

Cara kelima yang bisa kamu coba untuk mengatasi Poco X6 Pro panas saat ngegame adalah jangan menggunakan charger atau powerbank saat ngegame. Menggunakan charger atau powerbank saat ngegame bisa membuat smartphone menjadi panas, karena ada dua proses yang berlangsung secara bersamaan, yaitu mengisi baterai dan menjalankan game.

Hal ini bisa membuat smartphone menjadi overload dan menghasilkan panas yang berlebihan. Apalagi jika kamu menggunakan charger atau powerbank yang tidak sesuai dengan spesifikasi smartphone, seperti arus atau tegangan yang berbeda. Hal ini bisa membuat smartphone menjadi rusak atau bahkan meledak. Oleh karena itu, kamu sebaiknya tidak menggunakan charger atau powerbank saat ngegame. Kamu bisa mengisi baterai sebelum atau sesudah ngegame, atau menggunakan fitur hemat baterai yang ada di smartphone.

6. Bersihkan Cache dan Data Game

Cara keenam yang bisa kamu coba untuk mengatasi Poco X6 Pro panas saat ngegame adalah membersihkan cache dan data game. Cache dan data game adalah file-file sementara yang disimpan oleh smartphone untuk mempercepat proses loading game. Namun, jika file-file ini menumpuk terlalu banyak, bisa membuat smartphone menjadi penuh dan lemot. Hal ini bisa membuat smartphone menjadi panas dan boros baterai. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba membersihkan cache dan data game secara berkala. Kamu bisa melakukannya dengan cara masuk ke pengaturan aplikasi, lalu pilih game yang kamu mainkan, dan pilih opsi hapus cache dan data. Atau, kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih seperti CCleaner atau Clean Master untuk membersihkan cache dan data secara otomatis.

7. Update Sistem Operasi dan Game ke Versi Terbaru

Cara ketujuh yang bisa kamu coba untuk mengatasi Poco X6 Pro panas saat ngegame adalah mengupdate sistem operasi dan game ke versi terbaru. Sistem operasi dan game yang sudah usang bisa memiliki bug atau celah keamanan yang bisa membuat smartphone menjadi panas dan lemot. Apalagi jika sistem operasi dan game tidak kompatibel dengan spesifikasi smartphone. Hal ini bisa membuat smartphone menjadi tidak optimal dan mengalami masalah.

Oleh karena itu, kamu harus selalu mengupdate sistem operasi dan game ke versi terbaru. Kamu bisa melakukannya dengan cara masuk ke pengaturan sistem, lalu pilih opsi update sistem. Atau, kamu bisa masuk ke Google Play Store, lalu pilih opsi update game. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan fitur dan perbaikan terbaru yang bisa meningkatkan kinerja smartphone.

8. Gunakan Aplikasi Pendingin Smartphone

Cara kedelapan yang bisa kamu coba untuk mengatasi Poco X6 Pro panas saat ngegame adalah menggunakan aplikasi pendingin smartphone. Aplikasi pendingin smartphone adalah aplikasi yang bisa membantu kamu mendinginkan smartphone dengan cara mengoptimalkan penggunaan sumber daya, menutup aplikasi yang tidak digunakan, dan menurunkan suhu CPU.

Aplikasi ini bisa sangat berguna jika smartphone kamu sudah terlalu panas dan kamu tidak bisa melakukan cara-cara lainnya. Kamu bisa mendownload aplikasi pendingin smartphone dari Google Play Store, seperti Cooler Master, CPU Cooler, atau Coolify. Kamu bisa menjalankan aplikasi ini sebelum atau sesudah ngegame, atau bahkan saat ngegame, untuk mencegah atau mengatasi panas.

9. Jangan Main Game Terlalu Lama

Cara kesembilan yang bisa kamu coba untuk mengatasi Poco X6 Pro panas saat ngegame adalah jangan main game terlalu lama. Main game terlalu lama bisa membuat smartphone menjadi panas, karena terus-menerus menggunakan sumber daya yang besar. Hal ini bisa membuat smartphone menjadi lelah dan berisiko rusak.

Oleh karena itu, kamu sebaiknya tidak main game terlalu lama. Kamu bisa menentukan batas waktu yang wajar untuk ngegame, misalnya 30 menit atau 1 jam. Setelah itu, kamu bisa berhenti ngegame dan memberi istirahat smartphone. Kamu bisa melakukan hal lain yang lebih bermanfaat, seperti belajar, bekerja, atau bersosialisasi.

10. Gunakan Pendingin HP

Cara kesepuluh dan terakhir yang bisa kamu coba untuk mengatasi Poco X6 Pro panas saat ngegame adalah dengan menggunakan perangkat pendingin smartphone. Perangkat pendingin smartphone adalah perangkat yang bisa kamu pasang di belakang smartphone untuk membantu mendinginkan suhu CPU dan baterai.

Perangkat ini biasanya memiliki kipas, heatsink, atau bahan pendingin lainnya yang bisa menyerap dan mengeluarkan panas dari smartphone, seperti Kipas Pendingin dan Cooling Pad Untuk HP. Dengan menggunakan perangkat pendingin smartphone, kamu bisa membuat smartphone kamu menjadi lebih dingin dan nyaman saat ngegame.

Kamu bisa mendapatkan perangkat pendingin smartphone dari toko online atau offline, dengan harga yang bervariasi. Pastikan kamu memilih perangkat pendingin smartphone yang sesuai dengan ukuran dan model smartphone kamu.

Kesimpulan

Itulah 10 cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi Poco X6 Pro panas saat ngegame. Dengan cara-cara ini, kamu bisa membuat smartphone kamu menjadi lebih dingin, lancar, dan awet saat ngegame. Kamu juga bisa menikmati game favoritmu tanpa khawatir smartphone kamu menjadi rusak atau meledak. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *